Seperti Apa Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Baik?

Seperti Apa Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Baik? - Tata kelola pemerintahan desa yang baik haruslah diimplementasikan oleh setiap desa. Hanya saja sebagai masyarakat, mungkin kamu pun bertanya-tanya seperti apa sih sebenarnya suatu pemerintah desa dapat dikatakan sudah memiliki tata kelola yang baik dalam menjalankan tugasnya.

Nah setidaknya ada 3 hal utama yang bisa kamu jadikan patokan untuk bisa menentukan hal tersebut. Apakah saja 3 indikator ini? Yuk simak sampai tuntas!

Menerapkan Prinsip Good Governance

Tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance haruslah diterapkan jika suatu desa ingin mengelola dirinya dengan baik. Setidaknya ada beberapa prinsip yang harus dipegang untuk bisa menjalankan hal ini. Apa sajakah itu?

  1. Akuntabilitas: Pemerintah desa memiliki kewajiban untuk bisa mempertanggungjawabkan semua kinerja yang telah dilakukannya kepada publik.
  2. Partisipasi: Masyarakat secara aktif berperan dalam berbagai kegiatan membangun desa. 
  3. Keterbukaan dan Transparansi: Pemerintah desa harus terbuka dan tidak menutup-nutupi pada berbagai hal yang memang sudah sebaiknya diketahui masyarakat. Bahkan masyarakat pun bukan hanya dapat mengakses kebijakan publiknya saja, tetapi ikut andil juga dalam proses perumusannya.

Melibatkan Masyarakat

Dalam prinsip good governance sudah disebutkan bahwa partisipasi dari masyarakat menjadi poin penting untuk bisa membentuk tata kelola pemerintahan desa yang baik. Hanya saja untuk bisa membuat masyarakat bisa berpartisipasi itu bukanlah suatu hal yang mudah.

Terlebih lagi jika masyarakat menganggap bahwa kebijakan pemerintah desa banyak yang merugikan mereka. Untuk itu pemerintah desa harus menjadikan masyarakat sebagai partner dalam menyusun berbagai kebijakan supaya bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Mengutamakan Pelayanan Terbaik

Pelayanan menjadi suatu hal yang pertama kali akan sangat dirasakan oleh masyarakat ketika berinteraksi langsung dengan pemerintah desa. Pelayanan yang baik tentu saja akan membuat masyarakat merasa terbantu. Hanya saja jika birokrasi dan hal lainnya justru berbelit-belit, maka persepsi masyarakat tentang pemerintahan desa pun akan kurang bagus.

Itulah 3 indikator utama yang bisa kamu gunakan untuk menilai tata kelola pemerintahan desa yang baik. Kalau kamu perhatikan, apakah di desa tempat kamu tinggal 3 indikator tersebut sudah ada? Jika iya, maka bisa dikatakan bahwa pemerintah desamu sudah menjalankan tata kelola yang baik.