3 Metode Mengirim File Besar Melalui Email

3 Metode Mengirim File Besar Melalui Email - Teknologi memudahkan pengiriman dokumen digital. Dari kertas kerja hingga foto liburan keluarga. Namun, bagaimana jika file yang akan dikirim berukuran sangat besar? Ini bisa menjadi masalah.

Email adalah salah satu alat paling populer untuk berbagi dokumen. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa platform email sering kali membatasi ukuran file yang dapat dikirim. Termasuk Gmail, platform perpesanan dengan pengguna terbanyak saat ini.

Tentu saja ada cara untuk mengatasi kendala ini. Anda masih dapat mengirim file besar melalui email.

Untuk itu pada artikel kali ini blog ini akan membagikan kepada sobat IDwebhost semua cara mengirim file berukuran besar melalui email. Selain itu, kami juga akan menjelaskan batas ukuran file yang dapat dikirim melalui email dan mengapa platform email memberikan batasan ini.

Mengapa email membatasi ukuran file?

Pembatasan ukuran lampiran file dapat mempengaruhi kinerja Anda. Misalnya, dalam hal pengiriman file video atau PDF yang biasanya memiliki ukuran file yang besar, pembatasan ini tentu saja bisa mengganggu.

Apalagi jika Anda menggunakan email untuk bisnis dan pekerjaan. Misalnya, Anda adalah seorang digital marketer yang secara rutin mengirimkan email marketing kepada pengguna.

Namun, bukan tanpa alasan platform email membatasi ukuran lampiran yang bisa dikirim.

Sebuah server email menangani sejumlah besar permintaan. Dengan demikian, itu tidak akan dapat menangani ribuan email besar secara bersamaan. Mengirim email yang sangat besar sekaligus dapat menyebabkan kegagalan server.

Oleh karena itu, file untuk lampiran ke email dibatasi.

Batas ukuran penyedia email utama
Beberapa layanan email, pada kenyataannya, memiliki batasan ukuran file. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berapa banyak batasan yang diberikan oleh setiap penyedia layanan email:

-Gmail: 25MB. Sebenarnya, Gmail memiliki batas lampiran 25MB. Namun, ini bisa menyesatkan karena Google akan memformat email Anda ke format tertentu sebelum mengirimnya. Proses ini dapat menggandakan ukuran lampiran Anda. Jadi ukuran sebenarnya dari file lampiran Gmail hanya 12MB

- Microsoft Outlook: 20 MB di semua versi
- Hotmail 10 MB
- Mail.com: 50MB. Namun, setiap file didekomposisi maksimal hanya 10MB.
-Yahoo: 25MB.
-Zoho: 12MB. Setiap file hanya 10MB.
- AOL: 25MB.
- ProtonMail: 25MB. Anda dapat mengirim hingga 100 email individu.

Seperti yang Anda lihat, setiap penyedia layanan email memiliki kebijakan pembatasan pengiriman file yang berbeda. Karenanya, Anda perlu mempertimbangkan aplikasi perpesanan mana yang akan digunakan.

Batas Ukuran Klien Email

Pembatasan email tidak hanya milik penyedia email klasik, tetapi juga aplikasi klien email. Berikut adalah batasan email yang diberlakukan oleh aplikasi klien email populer:

- Mozilla Thunderbird: tidak terbatas.
- Email Windows Live: 10 GB per pesan. Dan setiap file tidak boleh melebihi 50MB.
- Kelelawar ! : 25MB.

Biasanya, aplikasi klien email banyak digunakan oleh bisnis, bukan individu. Jika Anda ingin menggunakan klien email, ketahuilah bahwa setiap aplikasi klien email juga memiliki batasannya sendiri.


Cara Mengirim Email File Besar dalam 4 Metode

Di bagian sebelumnya, kami melihat bahwa setiap aplikasi email memiliki batasan untuk mengirim file. Pertanyaan selanjutnya adalah: bagaimana jika Anda ingin mengirim file besar, lalu ada batasannya?

Jangan khawatir, Anda masih dapat mengirim email file berukuran besar dengan cara berikut:

1. Gunakan penyimpanan cloud

Penyimpanan awan atau cloud storage adalah teknologi yang menyelamatkan nyawa banyak orang. Selama Anda dapat masuk, Anda dapat mengakses penyimpanan cloud dari mana saja.

Untuk itu, Anda dapat memberikan hak akses kepada orang lain untuk mengakses file di penyimpanan cloud. Untuk memberikan hak akses, Anda dapat mengirim tautan ke teman yang ingin Anda bagikan.

Banyak layanan penyimpanan cloud menawarkan layanan ini. Yang paling populer tentu saja Google Drive.

Berikut cara mengirim email file besar menggunakan Google Drive:

Pertama, silakan buka halaman Google Drive Anda. Kemudian, di kiri atas halaman, klik tombol Baru. Anda akan diberikan beberapa pilihan.

Misalnya, Anda mengunduh file yang ada di komputer Anda. Setelah itu, navigasikan ke file yang ingin Anda bagikan. Klik tombol Bagikan di kanan atas halaman.

Tambahkan orang yang Anda ajak berbagi. Orang yang Anda maksud akan menerima undangan di email mereka.

2. Kompres file

Cara lain untuk berbagi file besar adalah dengan mengompresnya. Selain itu, hampir semua komputer memungkinkan pengguna untuk mengompres file dalam format .zip.

Format .zip adalah versi dokumen yang dikompresi. Ukuran file .zip biasanya lebih kecil dari file aslinya. Untuk mendapatkan file aslinya, Anda hanya perlu meng-unzip file tersebut.

Jadi bagaimana Anda membuat file .zip?

Pertama, cari file yang ingin Anda kompres. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih Send To > Compressed (Zipped) Folder.

Namun yang penting untuk diingat adalah kompresi file ini hanya bisa memperkecil ukuran hingga 40% dari ukuran aslinya. Karena itu juga tergantung pada ukuran file yang Anda kompres.

3. Bagi file menjadi file kecil

Membagi file besar menjadi file kecil memang sedikit rumit. Tidak hanya mengganggu pengirim, penerima file juga akan kesulitan karena harus mengumpulkan file satu per satu.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan alat yang dapat dirancang untuk membagi file besar menjadi file kecil. Anda dapat menggunakan GSplit.

Gsplit adalah alat gratis yang memiliki kemampuan untuk secara otomatis membagi file menjadi beberapa bagian. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membangun kembali file.

Penerima juga dapat menggunakan aplikasi GUnite untuk mengumpulkan file. Namun, cara ini tidak disarankan untuk tujuan bisnis, karena terlihat kurang profesional.

Namun jika untuk keperluan pribadi seperti berbagi file dengan teman, tidak ada salahnya menggunakan cara berbagi file ini.

4. Cakupan

Alat seperti email membuat hidup lebih mudah bagi manusia modern. Dengan email, kita dapat berbagi file dengan mudah berbagi file dengan orang lain. Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat mengirim email karena filenya terlalu besar?

Semoga artikel ini dapat memberi Anda pengetahuan baru tentang cara mengirim file besar melalui email.


 
wisata yogya, wisata jogja, kuliner yogya, kuliner jogja, wisata di jogja, tempat wisata di jogja yang lagi hits, wisata kaliurang jogja, rekomen wisata jogja, pantai di jogja yang bagus, tempat asik di jogja, tempat viral di jogja, jogja destinasi, tempat hiburan di jogja, tempat makan di jogja terkenal, taman hiburan jogja, wisata terbaru yogyakarta, tempat hits di yogyakarta, wisata yogyakarta, obelix hills jogja, pantai di jogja, wisata gunung kidul jogja, gua pindul jogja, tempat wisata jogja, pantai gunung kidul jogja, pantai gunung kidul yogyakarta, pantai selatan jogja, tebing breksi yogyakarta, gamplong jogja, sarapan jogja